Wakil Wali kota Kotamobagu Hadiri Rakornas VI TPID

0
439
Wakil Wali kota Kotamobagu Hadiri Rakornas VI TPID Kotamobagu
Rakornas IV TPID 2015 (F: Sindonews)

ZONA KOTAMOBAGU – Wakil Wali Kota Kotamobagu, Drs Hi Jainuddin Damopolii, hadiri Rapat Koordinasi Nasional VI Tim Pengendali Inflasi Daerah (Rakornas VI TPID) 2015, Rabu (27/5).

Rakornas yang digelar di Puri Agung Hotel sahid, Jakarta itu, dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), serta dihadiri Gubernur BI, Menteri Kordinator Bidang Ekonomi, Menteri Dalam Negeri, para gubernur dan wakil gubernur se-Indonesia, serta Bupati dan Wali Kota.

Rakornas IV TPID itu mengambil tema Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Mendukung Stabilisasi Harga Melalui Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Pembenahan Tata Niaga di Daerah.

Dalam kesempatannya, Jokowi menekankan agar setiap daerah Provinsi dan Kabupaten Kota untuk harus memiliki TPID, sebagaimana sasaran Inflasi Nasional kedepan 4+1 persen atau 4-1 persen.

Adapun faktor penyebab tingginya inflasi di antaranya, kenaikan BBM, tarif listrik, kenaikan angkutan udara, kenaikan harga LPG dan tingginya harga komoditas pangan.

Wakil Wali Kota melalui Kabag Humas Suhartien Tegela mengatakan, Presiden menegaskan agar pemerintah daerah harus selalu melakukan operasi pasar, operasi gudang dan distributor.

“Faktor penghambat Inflasi di antaranya, harga komoditas bahan pangan dipasar internasional yang relatif stabil, pengembangan dan pembukaan lahan pertanian baru, pembukaan dan pengembangan 24 pelabuhan dalam rangka tol laut, gerakan tanam cabai 99 kab/kota di 26 provinsi,” kata Tegela.

Lanjutnya, dalam Rakornas tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan kepada Provinsi, Kabupatendan dan Kota, sebagai pengendali inflasi terbaik dan berprestasi.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here