Wakili Wali Kota, Asisten I Resmikan BPM “Dallag Mamonto” Desa Moyag

0
155
Wakili Wali Kota, Asisten I Resmikan BPM "Dallag Mamonto" Desa Moyag Headline Kotamobagu
Asisten I Teddy Makalalag foto bersama dengan Pemerintah dan Perangkat Desa Moyag di depan Balai Pelatihan Masyarakat.

ZONA KOTAMOBAGU – Mewakili Wali Kota Ir Tatong Bara, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu, Teddy Makalalag menghadiri sekaligus meresmikan Balai Pelatihan Masyarakat (BPM) “Dallag Mamonto” Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Senin (27/12).

Kepala Desa (Sangadi) Moyag, Drs Rusmin Mamonto mengatakan, pembangunan BPM Desa Moyag ini dibangun melalui Dana Desa. “Pembangunan balai pelatihan ini untuk masyarakat. Jadi jika ada masyarakat yang melaksanakan hajatan seperti pesta perkawinan, khitanan dan lain sebagainya bisa menggunakan fasilitas BPM ini,” kata Rusmin.

Lanjutnya, saat ini masyarakat yang akan melaksanakan hajatan tidak diperbolehkan lagi memakai badan jalan, karena sudah ada aturan dari Pemerintah Kotamobagu terkait pelaksanaan hajatan pesta. “Sekarang sudah dilarang menggelar pesta perkawinan dan lain-lain menggunakan badan jalan. Nah, dengan diresmikannya bangunan ini masyarakat sudah bisa menggunakannya untuk hajatan, dan ini gratis untuk masyarakat desa Moyag,” tuturnya.

Asisten I Teddy Makalalag, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Moyag yang telah berinisiatif membangun balai pelatihan ini yang juga sebagai Kantor Desa. “Pembangunan balai ini merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang melibatkan potensi dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaanya, dan ini sangat kita apresiasi,” ujarnya.

ia pun berharap, fasilitas yang sudah dibangun ini dapat dipelihara dan dirawat dengan baik, agar tetap berfungsi dengan baik. “Semoga balai pelatihan masyarakat ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk kegiatan-kegiatan bermanfaat, seperti musyawarah desa, kegiatan agama dan sosial kemasyarakatan lainnya,” harapnya.

Turut hadir dalam peresmian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Nasli Paputungan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bambang Irawan Ginoga, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Usmar Mamonto, Camat Kotamobagu Timur, serta beberapa kepala desa dan lurah di Kotamobagu.

Sebagai informasi, pemberian Nama Dallag Mamonto di Balai Pelatihan Masyarakat Desa Moyag, karena Dallag Mamonto merupakan Sangadi ke-4 Desa Moyag yang menjabat pada tahun 1901 hingga 1926. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here