Wali Kota Apresiasi Perayaan Binarundak Warga Motbes

0
288
Wali Kota Apresiasi Perayaan Binarundak Warga Motbes Kotamobagu
Wali Kota disambut secara adat pada perayaan Binarundak

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, menghadiri perayaan Hari Raya Binarundak di Kelurahan Motoboi Besar (Motbes), Kecamatan Kotamobagu Timur, Selasa (21/7) sore.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengungkapkan apresiasinya kepada warga Motoboi Besar yang terus mempertahankan tradisi perayaan Binarundak.

“Tradisi ini baik, saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Motoboi Besar yang terus mempertahankan tradisi membuat Binarundak secara bersama-sama,” kata Wali Kota.

Wali Kota Apresiasi Perayaan Binarundak Warga Motbes Kotamobagu
Wali Kota Kotamobagu saat menyalakan api proses pembakaran binarundak

Pada puncaknya, kehadiran Wali Kota yang disambut secara adat, berkesempatan melakukan prosesi bakar Binarundak. Wali Kota juga turut mencicipi menu khas Sulawesi Utara itu.

Sekadar diketahui, Binarundak merupakan makanan yang dibuat dari beras ketan dicampur dengan santan dan bumbu kemudian di bakar dengan api yang cukup setelah dimasukkan ke dalam bambu. Binarundak telah menjadi ikon di kota Kotamobagu, bahkan sempat meraih sertifikat MURI.

Wali Kota Apresiasi Perayaan Binarundak Warga Motbes Kotamobagu
Wali Kota Kotamobagu mencicipi Binarundak di Motoboi Besar

Perayaan Binarundak sendiri merupakan perayaan pasca lebaran yang sudah menjadi agenda tahunan. Perayaan itu sengaja dilaksanakan warga Motbes khususnya warga yang baru pulang merantau ke luar daerah sebagai ajang mempererat silaturahmi.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here