Wali Kota Instruksikan Usut Dugaan Pungli Bantuan Kube

0
383
Wali Kota Instruksikan Usut Dugaan Pungli Bantuan Kube Kotamobagu
Ir. Tatong Bara

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, menginstruksikan kepada Inspektorat untuk mengusut dugaan pungutan liar (Pungli) dana bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) tahun 2016 yang disalurkan lewat Dinas Sosial dan Tenaga Kerja.

“Setelah mengetahui adanya laporan warga terkait pungli dalam penyaluran dana Kube, saya perintahkan Inspektorat untuk mengusut dugaan pungli tersebut,” kata Wali Kota di hadapan sejumlah awak media, Senin (28/11).

Terpisah, Sekretaris Inspektorat Vera Bahansubu mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti instruksi Wali Kota untuk melakukan investigasi di lapangan, “Kami telah menurunkan tim guna melakukan investigasi di lapangan terkait adanya pungli dana bantuan Kube,” kata Vera, saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (29/11), kemarin.

Disinggung soal hasil investigasi inspektorat apakah ada indikasi serta bukti terjadinya pungli dana Kube, Vera mengaku belum mengetahuinya, “Hasilnya belum kita ketahui. Sebab, tim yang melakukan investigasi di lapangan selama tiga hari, sementara ini baru memasuki hari ke dua,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial Dinsosnaker, Roi Paputungan, menepis isu yang beredar terkait adanya pungutan liar dalam penyaluran dana kube, “Saya yakin tidak ada pungli di Dinsosnaker. Inspektorat telah melakukan pemeriksaan terkait bantuan Kube yang diisukan berbau pungli,” akunya.

Menurutnya, penyaluran bantuan Kube sudah sesuai dengan mekanisme. Sebagaimana kelompok Kube mencairkan dana tersebut melalui rekening bank mereka masing masing, “Nah, mereka sendiri yang mencairkan dana bantuan tersebut di bank. SPJ-nya pun dalam bentuk bahan peralatan. Jika ada masalah dalam internal kelompok Kube, baiknya diselesaikan secara internal kelompok,” ucapnya.(ads/ldy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here