Wali Kota Terima Kunjungan Kerja Ketua Komisi IX DPR RI

0
75
Wali Kota Terima Kunjungan Kerja Ketua Komisi IX DPR RI Headline Kotamobagu
Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara saat memberikan sambutan pada kunjungan kerja Ketua Komisi IX DPR RI.

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota, Tatong Bara, menerima kunjungan kerja Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, di Aula Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (11/3).

Wali Kota dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Komisi IX atas kunjungannya di daerah Kota Kotamobagu. “Atas nama pemerintah dan masyarakat menyambut dengan suka cita dengan tibanya Ketua Komisi IX DPR RI, Wali Kota Manado dan Kepala BPOM Sulawesi Utara di tanah adat Kota Kotamobagu. Tentu sebagai pemangku adat di daerah ini saya harus menyapa dengan bahasa adat Dega’ Niondon Komintan (selamat datang) untuk tetamu kita Ibu Felly, Pak Wali Kota Manado dan Kepala BPOM Sulut,” ucap wali kota.

Lebih lanjut wali kota mengatakan, luas wilayah Kota Kotamobagu sebelumnya 68 KM2, setelah verifikasi tentang luas wilayah dari Kementerian Dalam Negeri, luas wilayah Kotamobagu ketambahan 40 KM2 sehingga saat ini sudah menjadi 108 KM2. “Jadi dalam sehari kalau naik bentor keliling Kotamobagu semua dapat dikunjungi. Kota Kotamobagu sendiri terdiri dari empat kecamatan dan 33 desa/kelurahan. Untuk jumlah penduduk kurang lebih 127 ribu jiwa, hidup rukun dan damai dengan berbagai etnis, suku dan agama. Dan alhamdulillah tahun kemarin Kotamobagu dinobatkan sebagai daerah nomor 7 paling toleran di Indonesia,” terangnya.

Meski baru berusia 12 tahun sejak dimekarkan pada tahun 2007 dengan undang-undang nomor 4 tahun 2007, Kotamobagu telah menancapkan sistematika baik disegi pembangunan, kemasyarakatan dan pemerintahan. “Kotamobagu sampai hari ini terus berbenah diberbagai bidang. Untuk itu Kota Kotamobagu disepakati dan ditetapkan oleh masyarakat dan seluruh pimpinan daerah sebagai Ibukota calon Provinsi Bolaang Mongondow Raya, jika moratorium sudah dicabut pak presiden,” sebut wali kota.

Dalam kesempatan itu, wali kota juga menjelaskan bahwa pada Agustus tahun 2018 lalu, Kota Kotamobagu sudah menjadi pengukuran inflasi selain Kota Manado. “Karena pertumbuhan ekonomi di Kotamobagu sudah cukup baik dengan memiliki berbagai keunggulan mulai dari sisi infrastruktur dagang dan jasa dibanding dengan empat kabupaten lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, menyampaikan kunjungan kerjanya di daerah Kotamobagu sudah merupakan komitmen dirinya atas kepercayaan masyarakat Kota Kotamobagu dalam mengemban amanah di gedung parlemen senayan. “Kunjungan kerja saya ke Kota Kotamobagu selain meninjau infrastruktur kesehatan juga program BPOM Sulawesi Utara. Ada tujuh mitra kerja kami di Komisi IX yakni, kementerian kesehatan, kementerian tenaga kerja, BPOM, BKKBN, BPJS tenaga kerja, BPJS kesehatan dan BNP2 PMI,” kata Felly.

Kunjungan kerjanya di Kotamobagu ini, kata felly, juga meninjau RSUD Kotamobagu terkait kesiapan dalam menangani jika ada pasien yang terindikasi virus corona. “Jadi saya akan melihat langsung seperti apa penanganan pasien di rumah sakit milik daerah. Saya lihat nanti pelayanan seperti apa, dan tentunya jika ada hal-hal yang tidak baik pasti saya akan sampaikan dan harus dibenahi. Kemudian hal-hal yang harus dipenuhi pemerintah daerah bisa kami bicarakan dengan kementrian kesehatan apa yang bisa dibantu untuk RSUD Kotamobagu dalam peningkatan fasilitas kesehatan demi terwujudnya pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here