Walikota Canangkan Gerakan Kebangkitan Zakat

0
253
Walikota Canangkan Gerakan Kebangkitan Zakat Kotamobagu
Walikota Tatong Bara saat mencanangkan gerakan kebangkitan zakat.

ZONA KOTAMOBAGU – Walikota Tatong Bara menjadi kepala daerah pertama se-Bolmong Raya yang menyetorkan zakat penghasilan pribadi secara online di gerai penerimaan zakat. Hal ini diutarakan Ketua Baznas Kotamobagu, Hi Rusdin Bonde, saat mendampingi walikota menyetorkan zakat pada kegiatan pencanangan kebangkitan zakat di Lapangan Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat, Sabtu (3/1).

“Walikota Kotamobagu merupakan kepala daerah pertama se-Bolmong Raya yang menyetorkan zakat penghasilan pribadi secara online. Hal ini tentunya sangat baik dan mungkin bisa menjadi contoh bagi daerah lain,” kata Rusdin.

Ia mengungkapkan, ada banyak keuntungan dalam menyetorkan zakat secara online, diantaranya adalah penyetor zakat akan mendapatkan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ). “NPWZ ini dapat diperhitungkan sebagau pengurang enghasilan kena pajak (PKP) sesuai amanat undang-undang nomor 7 Tahun 2017 tentang pajak penghasilan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan, mengatakan Kota Kotamobagu menjadi daerah pertama yang mencanangkan gerakan kebangkitan zakat se-Sulawesi Utara. “Kegiatan ini terselenggara atas support serta perhatian penuh dari walikota terhadap kelangsungan penyaluran zat, infaq dan shadaqah,” ujarnya.

Walikota Tatong Bara dalam kesempatannya mengatakan, kegiatan pencanangan kebangkitan zakat yang dilaksanakan dalam rangka peringatan 17 Tahun Baznas itu merupakan salah satu langkah yang sangat baik dan penting guna mempererat tali silaturahmi sesama umat di Kota Kotamobagu. “Dengan memberikan zakat, berarti kita turut membantu sesama saudara-saudara kita yang membutuhkan. Esensi zakat juga merupakan pembersih harta dan jiwa kita umat muslim. Melalui kegiatan ini, kita harap dapat memberi manfaat yang sebanyak-banyaknya kepada masyarakat,” kata walikota.

Pada kegiatan itu, walikota juga menandatangani sekaligus menyerahkan Peraturan Walikota (Perwako) tentang zakat di Kota Kotamobagu kepada Ketua Baznas. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here