Walikota Launching e-Government dan Resmikan Data Center serta Command Center

0
356
Walikota Launching e-Government dan Resmikan Data Center serta Command Center Kotamobagu
Walikota Tatong Bara saat memberi sambutan pada launching e-Government sekaligus meresmikan data center dan command center.

ZONA KOTAMOBAGU – Walikota Tatong Bara meresmikan data center, command center serta me-launching e-Government yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kamis (8/2), di Ballroom Ponanoban Hotel Sutanraja. Peresmian itu ditandai dengan pemukulan kukulan dan disaksikan para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kominfo, Ahmad Yani Umar, mengatakan data center dan command center itu dibangun dengan anggaran Rp9,2 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017.

“Ini merupakan komitmen dan keseriusan Walikota Tatong Bara dalam meningikatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan peningkatakan kualitas layanan publik. Data center dan command center itu adalah infrastruktur dasar dalam mendukung program pemerintah menjadikan Kota Kotamobagu sebagai smart city (kota cerdas),” katanya.

Lanjutnya, dengan adanya data center, sistem pelayanan di tiap SKPD akan terintegrasi ke Dinas Kominfo. Selain itu, semua data-data yang berkaitan dengan Kota Kotamobagu akan ditampung dalam data center itu.

“Kemudian command center ini sangat membantu pemerintah dalam mengontrol aktivitas di Kotamobagu melalui CCTV yang terpasang di sejumlah titik, termasuk soal lalulintas,” ujarnya.

Ditambahkannya, data center dan command center yang dimiliki Dinas Kominfo itu adalah satu-satunya yang ada di Sulawesi Utara. Katanya, sudah banyak daerah termasuk Pemprov Sulut datang study banding terkait pembangunannya. “Di 15 daerah di Sulut, ini hanya ada di Kotamobagu,” tambahnya.

Walikota Tatong Bara mengapresiasi Dinas Kominfo bersama tim IT yang terus berkreasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memaksimalkan kerja-kerja pemerintah serta pelayanan ke masyarakat.

“Selamat kepada tim Dinas Kominfo yang terus bekerja keras dan sangat visioner. Kota Kotamobagu harus terus melejit. Apa yang ada saat ini harus terus dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi,” sebut walikota. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here