Warga Keluhkan Keruhnya Air Sungai Pindol

0
205
Warga Keluhkan Keruhnya Air Sungai Pindol Bolmong
Kepala BLH Bolmong, Yudha Rantung

ZONA BOLMONG – Sungai Pindol yang mengaliri sejumlah perkampungan di Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong, mulai berubah warna menjadi keruh dan bercampur lumpur. Aktifitas warga untuk MCK pun terganggu. Mereka menduga perubahan warna sungai diakibatkan proses pembangunan waduk di desa setempat.

Menurut Ipan Paputungan warga Desa Lolak Tombolango, saat ini untuk memberi minum ternak seperti kambing dan sapi, mereka tak melakukannya lagi di sungai itu. “Biasa kita mencuci pakaian dan memberi minum hewan ternak dari sungai itu, namun sekarang tidak bisa lagi. Kami pun terpaksa harus membuat sumur sendiri,” katanya.

Warga curiga, pengerukan material pasir dan batu menggunakan alat berat di sungai tersebut penyebab utama keruhnya air sungai, “Kami melihat ada banyak alat berat yang bekerja di tegah sungai,” kata warga.

Pemerhati Lingkungan Bolmong, Farly Nantudju, mengatakan konsekwensi sebuah pembangunan memang harus mengorbankan hal yang lain. Namun, bukan berarti dampaknya tidak bisa diminimalisir.

“Pembangunan waduk memang untuk kepentingan masyarakat ke depan. Namun, pada proses pembangunannya, sebaiknya aliran sungainya tidak diganggu mengingngat ada banyak warga yang sangat bergantung dari aliran sungai tersebut,” ujarnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bolmong, Yudha Rantung, mengaku belum mengetahui kondisi tersebut, “Makanya kita akan turun meninjau lapangan. Jika memang benar itu terjadi, kita akan memberikan surat teguran keras,” katanya.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here