Warga Kotabunan Tagih Janji PT ASA

0
589
Warga Kotabunan Tagih Janji PT ASA Boltim
Ir Ramlan Ngiu

ZONA BOLTIM – Janji PT Arufura Surya Alam (ASA), melakukan pembebasan lahan di lokasi lahan Panang dan Benteng desa Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kembali ditagih oleh warga lingkar pertambangan di lokasi tersebut. Lantaran, janji tersebut belum juga direalisasikan pihak perusahaan selaku pemegang IUP.

“Dari pihak perusahaan mengatakan, bahwa mereka akan segera membebaskan lahan, termasuk ganti rugi tromol, tong beberapa lahan yang ada di kawasan tambang. Namun, sampai sekarang janji mereka belum direalisasikan. Bahkan, batang hidung managemen PT ASA, tidak pernah kelihatan di lokasi. Ini menandakan bahwa perusahaan tidak serius menjalankan sosialisasi mereka pada waktu itu,” ujar Tomy Anggai, salah satu warga Dusun V Kotabunan.

Senada disampaikan salah satu anggota tim sembilan atau tim pembebasan lahan Pemerintah daerah (Pemda) Boltim, Ramlan Ngiu. Kata dia, setelah pihak ASA melakukan sosialisasi pembebasan lahan, Pemkab Boltim langsung membentuk tim yang namanya tim sembilan. Namun hingga saat ini belum ada koordinasi dari PT Asa.

“Sesuai kesepatakan bersama antara Pemkab Boltim dan pihak ASA, dalam pembebasan lahan lokasi IUP, ada campur tangan Pemkab Boltim, yang namannya tim sembilan. Tetapi, sampai sekarang dari pihak ASA tidak pernah berkordinasi dengan Pemkab Boltim. Kami tidak tahu, apa kendalanya, sehingga mereka belum pemberitahukan mengenai tindak lanjut dari sosialisasi waktu itu,” kata Ngiu.

Sementara itu, Reginal Pontoh dari pihak manajemen PT ASA dalam upaya konfirmasi sejumlah media melalui telepon seluler dan pesan singkat (SMS), hingga sampai berita ini turun, tidak berhasil atau yang bersangkutan tidak mengangkat telpon dan membalas sms.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here