Warga Mulai Usulkan Nama Bandar Udara di Bolmong

0
425
Warga Mulai Usulkan Nama Bandar Udara di Bolmong Bolmong

F: ilustrasi

ZONA BOLMONG – Setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Perhubungan Udara mengeluarkan surat tentang hasil evaluasi kelayakan bandar udara baru di Kabupaten Bolmong, 20 November 2014 lalu, sejumlah warga mulai memperbincangkan tentang nama untuk bandar udara kebanggaan Bolmong Raya itu.

Beberapa nama yang diusulkan warga ini diantaranya, Bandar Udara Totabuan, Bandar Udara Lalow, dan Bogani International Airport. “Nama Bogani international airport kayaknya layak dilekatkan pada bandar udara itu, karena sangat kental dengan ke-mongondowan,” kata Rensly, warga Desa Kinomaligan, Kecamatan Dumoga, Selasa (25/11).

Lain lagi yang diungkapkan Yelni Endeka, warga Pusian Induk, Kecamatan Dumoga, “Menurut saya, bandar udara tersebut cocok diberi nama Bandar Udara Totabuan,” kata Yelni.

Sebelumnya, dalam surat yang bernomor AU/101/7/23/DRJU.DBU-2014, tanggal 20 November 2014, disebutkan, usulan bandar udara di Kabupaten Bolsel tidak dapat diproses lebih lanjut karena lokasi bandar udara yang diusulkan mempunyai keterbatasan dalam rencana pengembangan jangka panjang dengan beberapa kendala oprasional, berupa bukit dan gunung yang akan mengakibatkan terbatasnya pelayanan prosedur pendaratan dan lepas landas hanya satu untuk pesawat berbadan lebar.

Selain itu, kendala lingkungan sosial juga menjadi masalah. Dilokasi pembangunan badar udara di Bolsel terdapat pemukiman warga yang berada pada area yang akan digunakan sebagai fasilitas sisi udara.

Bupati Bolmong, Salihi Mokodongan, bersyukur dengan kado akhir tahun dari Kementerian Perhubungan untuk Kabupaten Bolmong. “Ini patut kita syukuri. Berikutnya, akan ada pemagaran di sekeliling lokasi pembangunan bandara nanti,” ujar Salihi.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Bolmong, Eka Putra Utama Korompot mengatakan, penganggaran untuk star awal pembangunan bandara Lalow, sudah ditata dalam RKA APBD tahun 2015. “In Sya Allah tahun depan kita akan mulai proses pembangunan bandara,” kata Eka.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here