Waspada! Calo CPNS Mulai Cari Korban

0
236

Waspada! Calo CPNS Mulai Cari Korban Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Bagi warga yang berkeinginan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tampaknya perlu waspada. Pasalnya, saat ini tengah berkeliaran oknum calo CPNS lewat jalur khusus, yang mencari warga untuk dijadikan target penipuanya. Modus mereka dengan menjanjikan korban menjadi abdi negara tanpa mengikuti tes seleksi secara terbuka.

“Ada oknum (Calo) yang mendatangi rumah kami, dan mengatakan jika akan menjadikan anak kami jadi PNS. Katanya, itu tanpa mengikuti tes secara umum, tapi jalur khusus yang disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat,” ujar salah satu warga Kotamobagu yang enggan namanya dipublikasi.

Dikatakan, jika oknum tersebut mempunyai jaringan kuat di BKN Pusat, dengannya perlu disiapkan sejumlah uang sebagai jaminan sebagai pelicin agar lulus jadi PNS, “Oknum tersebut mengatakan jika ia adalah orang suruhan BKN. Kami diminta untuk menyetor sejumlah uang agar anak kami bisa jadi PNS,” bebernya.

Menanggapi hal itu, Kepala BKDD Pemkot Kotamobagu Adnan Massinae ketika dikonfirmasi, Senin (31/10) kemarin, meluruskan informasi tersebut. Kata dia, sampai saat ini tak ada informasi akan adanya penerimaan lewat jalur khusus tersebut.

“Tak ada penerimaan CPNS lewat jalur khusus. Semuanya harus melalui proses seleksi secara resmi dan proses penerimaan CPNS akan diumunkan dengan resmi oleh Kemen-PAN RB,” aku Adnan.

Dirinya pun mengingatkan agar mewaspadai adanya informasi tersebut, “Hati hati jika ada oknum-oknum yang mengatasnamakan orang suruhan Menpan-RB atau BKN. Jangan sampai tertipu dengan imimng-iming jadi CPNS namun tak sesuai dengan jalur yang telah ditentukan oleh pemerintah,” imbaunya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here