Pemkot Dorong Konsep Pertanian Organik

638

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2K), Rabu (15/3) pagi tadi melaksanakan kegiatan Pelatihan budidaya kopi organik bagi para petugas penyuluh  pertanian.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu Ir Moh Hardi Mokodompit ME yang sekaligus bertidak selaku narasumber. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan para petugas penyuluh lapangan (PPL) serta untuk meningkatkan kerja sama petugas dan kelompok tani (Poktan) menuju kemandirian petani.

Berangkat dari misi Wali Kota tentang pertanian secara organik, misi ini sangat cerdas dimana Kotamobagu tidak mempunyai keunggulan komparatif. Untuk itu pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kotamobagu akan mendorong produk pertanian organik menjadi sebuah keunggulan kompetitif bagi wilayah Kotamobagu meskipun luas lahan pertaniannya sangat kecil,” ujar Hardi.

Lebih lanjut dijelaskan, intuk Kotamobagu masih pada tataran jumlah produksi kopi. Untuk itu dengan munculnya sertifikasi terhadap kopi organik, hal ini yang harus diupayakan serta didorong agar petani dapat menerapkan budidaya pertanian pada konsep pertanian organic,” terangnya.

Ia pun berharap kepada para peserta pelatihan, agar dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh agar pada gilirannya nanti ilmu yang diperoleh pada pelatihan tersebut, dapat diimplementasikan di lapangan nanti.

Kegiatan yang dilaksanakan di Restoran Lembah Bening Kotamobagu tersebut dihadiri seluruh peserta pelatihan yang terdiri dari penyuluh pertanian di lingkup Dinas Pertanian dan Perikanan Kota kotamobagu.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here