Ribuan Siswa dan Mahasiswa di Kotamobagu Terima Bantuan Anak Asuh

665
Wali Kota Tatong Bara menyerahkan secara simbolis bantuan anak asuh kepada siswa SMA.

ZONA KOTAMOBAGU – Sebanyak 3.804 siswa mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi telah menerima bantuan Anak Asuh dari Pemerintah Kotamobagu tahun anggaran 2020. Bantuan tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Tatong Bara, bertempat di Aula rumah dinas wali kota, Rabu (23/12) pagi.

Selain itu, wali kota juga memberikan bantuan anak asuh bagi 32 siswa dan mahasiswa berprestasi pada lomba MTQ tahun 2020.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para siswa dan mahasiswa penerima bantuan. “Selamat bagi para siswa baik SD, SMP dan SMA dan mahasiswa dan kepada ibu-ibu yang menerima bantuan. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Wali Kota.

Lanjutnya, ada kurang lebih Rp6 Miliar dana yang dialokasikan lewat program bantuan anak asuh daerah melalui APBD 2020. Dimana, dibagi atas Rp5,4 Miliar untuk Kelurahan dan sekitar Rp500 juta lebih untuk Desa. “Ditengah Pandemi, satu-satunya anggaran yang tidak pernah disentuh atau digeser itu adalah bantuan anak asuh ini. Itu karena pendidikan yang paling utama demi masa depan siswa dan mahasiswa kotamobagu,” terang wali Kota.

Oleh sebab itu, wali kota berharap kepada siswa dan mahasiswa maupun orang tua untuk dapat memanfaatkan dengan baik bantuan ini. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat meringankan beban orang tua siswa dalam membiayai anak-anaknya dalam proses pendidikan,” harapnya.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Undangan diwajibkan menerapkan 3M sebelum memasuki area kegiatan.

Sekadar diketahui, sumber dana dari program bantuan anak asuh ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Dimana total dana yang dialokasikan sebanyak Rp6.045.950.000, yang terdiri dari 3 kategori yaitu; bantuan anak asuh kelurahan sebesar Rp5.464.450.000 dengan rincian penerima, SD sebanyak 1.508 siswa, SMP 943 siswa, SMA 856 siswa dan 315 mahasiswa. Sementara bantuan anak asuh untuk tingkat mahasiswa di desa se Kotamobagu jumlah dana yang dialokasikan sebesar Rp517.500.000 dengan rincian penerima sebanyak 150 mahasiswa. Kemudian total anggaran untuk bantuan anak asuh bagi 32 siswa dan mahasiswa berprestasi pada lomba MTQ tahun 2020, senilai Rp64.000.000. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here