Komitmen Jaminan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Boltim Capai UHC Program JKN-KIS

442

ZONA BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mencapai Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC)) Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Minarni Manoppo, mengatakan bahwa ini merupakan komitmen Pemkab Boltim akan jaminan kesehatan masyarakatnya, terutama dalam asuransi kesehatan.

Ini ditandai dengan telah diwujudkannya penambahan jumlah Peserta Bantuan Iuran (PBI) APBD Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga sejak agustus lalu 2021 secara keseluruhan Boltim telah mencapai UHC.

“Ya, Boltim telah mencapai UHC, saat ini kita diposisi 96,10% sejak bulan agustus yang lalu. Ini merupakan bagian dari komitmen pemkab untuk kesehatan masyarakatnya. Dana untuk premi iuran PBI APBD tersedia, lebih dari cukup untuk tahun ini,” ujarnya.

Saat ini kartu peserta yang baru sedang dalam pendistribusian ke peserta. Puskesmas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pemerintah akan memberikan pelayanan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Silahkan ke puskesmas dengan membawa kartu peserta jika memerlukan pelayanan kesehatan, baik dalam keadaan sakit maupun hanya kunjungan sehat,” tandasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here