Intervensi Spesifik-Sensitif Langkah Strategis Penanggulangan Stunting

306
Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi.

ZONA BOLTIM – Dinas Kesehatan (Dinkes), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus melakukan langkah-langkah strategis untuk menunjang kesehatan masyarakat, diantaranya intervensi spesifik dan intervensi sensitif sebagai langkah konkrit dalam penanggulangan stunting.

“Langkah konkrit dalam penanggulangan stunting mulai dari 1000 HPK serta optimalisasi fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk mempercepat akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan,” ungkap Kepala Dinkes Boltim, Eko Rujadi Marsidi, Selasa (26/10).

Lanjut Eko mengatakan, pelaksanaan aksi konvergensi stunting dilakukan melalui pelaksanaan 8 aksi yang terdiri dari analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan bupati, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi data serta melakukan review kinerja pelaksanaan program kegiatan.

“Saat ini, kabupaten Boltim sementara menjalankan aksi tujuh, yakni pendataan (Pengukuran dan Penimbangan) dan publikasi, setelah sebelumnya telah selesai melaksanakan Sistem Manajemen Data,” tuturnya.

Eko menambahkan, berbagai kemajuan bidang kesehatan di Kabupaten Boltim selama ini, tidak terlepas dari peran berbagai pihak. “Termasuk peran serta lintas sektor dalam upaya penurunan stunting,” tutupnya.(*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here