Bupati Boltim Lantik 79 Pejabat Sekaligus Pengambilan Sumpah Kesetaraan Jabatan Pengawas ke Fungsional

390
Bupati Sam Sachrul Mamonto saat melantik dan mengambil sumpah 79 pejabat bertempat di lantai III Kantor Bupati Boltim.

ZONA BOLTIM – Bupati Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si, melantik 79 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sekaligus pengambilan sumpah kesetaraan jabatan pengawas ke jabatan fungsional, bertempat di lantai III kantor bupati, Senin (30/5) malam.

Bupati Sachrul dalam sambutannya menyampaikan, bahwa perlunya penyederhanaan birokrasi pada instansi pemerintah, salah satunya melalui jabatan fungsional yang menekankan pada keahlian dan kompetensi.

“Hal ini sesuai Permen PAN-RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional,” ujarnya.

Hal tersebut lanjut bupati, dimaksudkan agar proses kerja di birokrasi lebih cepat dalam pengambilan keputusan, sehingga reformasi struktural eselonisasi perlu dilakukan agar lembaga pemerintah semakin sederhana.

“Penyederhanaan birokrasi ini diharapkan mampu memberikan output dan outcome yang maksimal efektif, efisien dan profesional dalam pelayanan publik,” harapnya.

Di sisi lain, bupati menekankan kepada seluruh ASN Boltim agar mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman di era digitalisasi ini.

“Jika gerakkan saya cepat, maka saudara-saudara harus bergerak lebih cepat lagi agar tidak tertinggal,” tegasnya.

Masih kata Sachrul, penerapan jabatan fungsional hanya merubah nama jabatan, tidak dengan tugas pokok dan fungsi maupun hak-hak kepegawaian.

“Pejabat yang dilantik malam ini jangan berkecil hati karena status sudah bukan pejabat struktural lagi. Bila mana jabatan fungsional ini dilaksanakan dengan baik, maka akan menjadi bahan evaluasi saya untuk promosikan anda lagi ke jabatan struktural administrator,” ungkapnya.

“Sebagai abdi negara pegang teguh Tri Matra pengabdian. Harus disiplin, loyalitas dan profesionalitas,” tambahnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here