Tingkatkan Pelayanan Prima, Diskominfo Hadiri Bimtek LAPOR!-SP4N

577

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu melalui Bidang Statistik Komunikasi dan Informasi Publik mengikuti kegiatan bimtek di ruang serbaguna KemenPAN-RB Republik Indonesia, Selasa (21/3). Bimntek tersebut tentang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional LAPOR!-SP4N Bagi Pemerintah Daerah.

Kegiatan yang dibuka Deputi  Bidang  Pelayanan Publik KemenPAN-RB Prof DR. Diah Natalisa, bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi pemerintah kabupaten-kota. Peran tersebut bagi terselenggaranya pengelolaan pengaduan pelayanan publik di kabupaten-kota yang meliputi organisasi, sumber daya manusia dan anggaran yang memadai.

Selain Prof DR. Diah Natalisa, hadir selaku pemateri antaranya  staf ahli kantor staf kepresidenan dan staf ahli ombudsman RI, yang diikuti peserta dari 63 pemerintah daerah baik dari provinsi, kabupaten dan kota.

Dalam sambutannya, Prof. DR. Diah Natalisa yang mewakili Menpan-RB Asman Abnur mengatakan, layanan itu dibuat agar supaya masyrakat bisa menyalurkan aspirasi atau keluhan terhadap kinerja pemerintah melalui system aplikasi pelaporan yang memadai. “Sehingga dikemudian hari, pelayanan publik secara prima tanpa adanya keluhan dapat tercapai,” ujarnya.

Lebih lanjut Diah menjelaskan, admin di daerah berfungsi sebagai penghubung antara admin di kempan-RB dan admin daerah. Aplikasi LAPOR!-SP4N ini merupakan sistem yang dikelola oleh kemenpan-RB yang bekerjasama dengan kantor staf kepresidenan dan ombudsman RI. “Hingga diharapkan agar pada 2017 ini, semua pemda se-Indonesia sudah terkoneksi dengan sistem LAPOR!-SP4N,” katanya.

Untuk itu, Diah berharap para peserta bimtek dapat serius dalam mengikuti materi kegiatan. “Supaya nantinya ilmu yang diperoleh melalui pembekalan tersebut dapat diimplementasikan di daerah masing-masing.”(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here