BPBD Bolmong Gelar Sosialisasi HKBN

601

Sosialisasi HKBN Bolmong

ZONA BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Ashari Sugeha di Rahmadina Convention Hall Lolak, Rabu (26/4) siang tadi.

Kegiatan itu dibuka dengan diawali bunyi sirene sebagai tanda Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Menurut Kepala BPBD Channy Wayong, peringatan HKBN merupakan program pemerintah pusat.

“Pembuyian sirene dilakukan di seluruh Indonesia adalah intruksi langsung BNPB yang memperingati terbitnya Undang-Undang No.21 Tahun 2007. Dan di Bolmong sendiri bukan hanya sirene, namun di desa-desa dibuyikan dengan alat tradisional seperti pentungan,” ujarnya.

Kegiatan itu, tambah Channy, juga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan nasional dalam menghadapi ancaman bencana. Meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat serta pemangku kepentingan dalam menghadapi resiko bencana berdasarkan potensi bencana setempat. “Baik meningkatkan partisipasi, dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan para pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah,” tuturnya.

Lebih lanjut Channy menambahkan, mengukur tingkat kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menghadapi ancaman bencana. HKBN Tahun 2017 ini mengusung tema ‘Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana’, dengan tagline “SIAP, UNTUK SELAMAT”.

“Peringatan hari kesiapsiagaan bencana nasional ini baru pertama kali dilaksanakan, sehingga diimbau kepada masyarakat untuk tidak panik bila mendengar suara sirene bencana. Karena, ini hanya merupakan peringatan bencana,” tutupnya.(gung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here