DLH Siapkan Aplikasi Smart Waste Management System

619

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan terobosan untuk memodernisasi pengelolaan sampah berbasis tekonologi. Aplikasi smart waste management system atau sistem pengelolaan sampah cerdas sedang disiapkan. Hal ini disampaiakan Kepala DLH, Alex Saranaung.

Menurutnya, ide pembuatan aplikasi tersebut muncul setelah mengikuti kegiatan sharing knowledge dan diskusi kota cerdas di Manado yang dibuka oleh Walikota Tatong Bara. “Aplikasi itu direncanakan akan dipasang disejumlah tempat penampungan sampah. Itu akan sangat membantu kerja-kerja kami,” katanya.

Dijelaskannya, melalui aplikasi tersebut akan memudahkan dalam memonitoring bak penampungan sampah. “Dengan begitu, petugas kebersihan akan lebih mudah lagi bekerja. Ini juga untuk meminimalisir keluhan masyarakat soal sampah,” jelasnya.

Ditambahkannya, aplikasi tersebut juga bisa diakses oleh semua pihak, baik itu pemerintah serta  masyarakat. “Pengembangan aplikasi ini akan lebih memudahkan kerja petugas kebersihan, khususnya dalam menjaga kebersihan di semua wilayah Kotamobagu,” tambahnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here