Peduli Anak-anak, Pemkot Siapkan PISA

659

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menyiapkan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang dipusatkan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Saat ini, DPPPA sedang melakukan penataan dan pembenahan untuk selanjutnya akan segera di-launching.

“Semuanya sudah siap dan tinggal di launching-nya. Waktunya tergantung kesempatan ibu walikota. Tapi kita rencanakan sebelum tanggal 22 Desember atau saat peringatan Hari Ibu,” kata Kepala DPPPA, Sitti Rafiqah Bora, kemarin.

Dijelaskannya, pada PISA tersebut disiapkan berbagai fasilitas yang menunjang proses belajar anak mulai dari buku bacaan hingga inernet gratis. Untuk pelaksanaan program dan kegiatannya, DPPPA bekerja sama dengan Dinas Perpusatakaan dan Kearsiapan, Dinas Pendidikan serta Dinas Kominfo.

“Di sini terbuka untuk semua anak dengan prioritas TK sampai SMP. Kita juga tidak sendirian, tapi menggandeng Dinas Perpusatakaan, karena mereka yang berurusan dengan buku bacaan dan lainnya. Kemudian Dinas Pendikan, karena semua anak-anak berstatus pelajar. Kalau dengan Dinas Kominfo itu karena mereka yang menyediakan fasilitas internet. Jadi di sini anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui internet secara gratis,” jelasnya.

Lanjutnya, semua fasilitas yang ada dalam PISA tersebut merupakan murni dari bantuan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

“Semua ini bantuan dari pusat. Dan bahkan dari kementrian juga sudah berjanji akan memberi bantuan secara berkelanjutan kedepannya jika ada respon baik dari pemerintah kota,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kota Kotamobagu menjadi daerah pertama di Sulawesi Utara atau menjadi salah satu dari dua daerah di Indonesia yang memiliki PISA.

“Di Sulut baru di sini (Kotamobagu). Kalau se-Indonesia hanya dua daerah,” tambahnya. (ads/gito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here