Kembangkan Kopi Kotamobagu, Desa Sia’ Siapkan Lahan 100 hektare

987
Herto Balansa

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu Utara, menyiapkan lahan 100 hektare untuk ditanami Kopi Kotamobagu. Hal ini diutarakan Sangadi (Kepala Desa, red), Herto Balansa.

Menurutnya, Desa Sia’ memiliki potensi yang menjanjikan untuk pengembangan tanaman perkebunana, termasuk Kopi Kotamobagu. “Desa kami berada di dataran tinggi dan iklimnya mendukung, maka tanaman kopi ini yang kami pilih sebagai tanaman unggulan,” katanya, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini masyarakat di desanya mulai mengelola lahan perkebunan dan ditanami kopi, dan sebagiannya sudah berulang kali panen di lahan tiga sampai empat hektare.

”Untuk mencapai target Kotamobagu sebagai daerah penghasil kopi, kita siapkan lahan 100 hektare untuk pengembangannya,” ungkapnya.

Selain menyiapkan lahan, tahun ini telah diusulkan mesin penggilingan kopi melalui kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).

“Itu sudah diusulkan masyarakat, karena saat ini proses penggilingannya masih dilakukan di desa tetangga,” ujarnya.

Pemkot juga saat ini sedang berupaya mengembangkan Kopi Kotamobagu sebagai salah satu produk unggulan daerah. Pertengahan tahun lalu, Pemkot bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara menjalin kerja sama terkait pengembangan Kopi Kotamobagu. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Walikota Tatong Bara dan Kepala Perwakilan BI Sulut Soekowardojo. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here