Berita Penggantian Lurah Gogagoman Hoax

640
Muhammad Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – Penjabat Sementara (Pjs) Walikota, Muhammad Mokoginta, meminta masyarakat untuk lebih selektif dalam menerima dan mencerna kebenaran berita yang berseliweran di masyarakat. Pasalnya, saat ini banyak berita hoax atau tidak benar yang sengaja ditulis oknum tertentu yang mengaku wartawan kemudian di sebar ke masyarakat.

“Masyarakat harus jeli melihat setiap berita yang disebar. Tidak semua benar, jadi harus di cek dulu kebenarannya,” katanya, disela kegiatan festival kuliner, di Lapangan Mogolaing, Sabtu (28/4).

Ia mencotohkan, pemberitaan soal penggantian Lurah Gogagoman oleh salah satu media online beberapa hari lalu adalah berita hoax. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) tak pernah melakukan penggantian lurah atau pejabat lainnya. “Siapa bilang ada penggantian lurah. Itu tidak benar, itu berita hoax,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, dirinya tak pernah menandatangani SK mutasi Lurah Gogagoman. Bahkan ia mengakui, kinerja lurah yang bersangkutan sangat. “Malah bukan diganti, justru kalau ASN yang kinerjanya baik seperti Pak Vanny bukan diganti tapi dipromosikan jadi camat atau kepala bagian,” ungkapnya.

Disisi lain, ia meminta semua wartawan khususnya yang bertugas meliput di Kota Kotamobagu untuk dapat memberitakan sesuatu dengan benar dan sesuai fakta. “Tolong ya teman-teman wartawan beritakan dengan benar. Jadi saya katakan sekali lagi bahwa berita yang dipublish salah satu media online itu tidak benar.Itu berita bohong. Berita hoax,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Kota (Sekkot) Adnan Massinae. Menurutnya, dalam berita tersebut tidak ada pernyataan dari Pemkot. “Tidak ada sumber dari Pemkot, kalau itu benar pasti ada statemen dari pihak terkait, termasuk BKPP,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, berita yang telah tersebar lewat media sosial itu adalah hoax dan bisa menimbulkan keresahan. “Memberitakan sesuai yang tidak benar bisa mengganggu ketentraman di masyarakat,” ungkapnya.

Lurah Gogagoman, Vanny Pudul, juga membantah pemberitaan soal penggantian dirinya oleh salah satu media online itu. Bahkan ia mengaku kaget ketika mengetahui ada pemberitaan seperti itu yang dengan cepat tersebar melalui media sosial. “Itu tidak benar. Saya masih menjabat dan bebekrja seperti biasa sebagai lurah,” sebutnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here