Pemdes Kobo Kecil Bangun Rumah Adat

597
Rumah Adat Bolaang Mongondow yang dibangun Pemerintah Desa Kobo Kecil.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Desa (Pemdes) Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, memanfaatkan sebagian Dana Desa (Dandes) untuk mengembangkan potensi wisata budaya di desa tersebut. Salah satu yang dilakukan adalah membangun rumah adat Bolaang Mongondow.

Sekretaris Desa (Sekdes), Irwan Mokodompit, mengatakan pembangunan rumah adat tersebut bertujuan untuk menopang Desa Kobo Kecil sebagai desa wisata di Kota Kotamobagu. “Tahun lalu desa ini sudah ditetapkan sebagai desa wisata. Untuk menopang itu, harus ada rumah adat. Anggaran untuk pembangunannya 100 juta lebih dialokasikan lewat dana desa tahun 2017,” katanya.

Lanjutnya, tahun ini pihaknya kembali mengalokasikan anggaran untuk pengadaan fasilitas penunjang lainnya. “Semua kebutuhan dari lembaga adat di sini kami anggaran dan akan disimpan di rumah adat itu. Sekarang ini kita masih berkoordinasi dengan para lembaga adat untuk kelengkapan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Agung Adati, mengungkapkan pihaknya mendorong langkah Pemdes Kobo Kecil dalam mengembangkan sektor wisata budaya di desanya. “Desa itu sudah ditetapkan sebagai desa wisata tahun lalu. Salah satu syarat menjadi desa wisata adalah memiliki rumah adat. Sebagai instansi terkait, tentu kami sangat mendorong upaya yang sedang dilakukan Pemerintah Desa Kobo Kecil,” ungkapnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here