Dinas Perpustakaan Usul Tambah Buku Bacaan

577
Bambang Ginoga

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) terus meningkatkan minat baca masyarakat. Berbagai buku bacaan sudah disiapkan, baik di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, perpustakaan keliling serta di Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yang menyediakan buku bacaan khusus anak-anak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Bambang Ginoga, mengatakan buku bacaan yang disediakan dikhususkan bagi pelajar serta masyarakat umum. Namun demikian, ia mengaku bahwa minat baca kalangan pelajar berkurung karena lebih memilih membaca lewat smartphone untuk kebutuhan belajar dibandingkan buku bacaan. “Kita sudah sosialisasikan soal ketersediaan buku bacaan ini, tapi memang kalangan pelajar banyak yang memilih membaca lewat smartphone,” katanya.

Lanjutnya, minat baca kalangan pelajar kalah banyak dengan masyarakat umum khususnya yang berprofesi sebagai petani dan pengusaha. “Mereka (petani dan pelaku usaha) justru lebih aktif membaca buku. Khusus petani, mereka membaca soal tata cara bertani, cocok tanam dan lainnya. Kemudian kalau pelaku usaha, mereka mencari tahu cara mengelolah dan produksi,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya terus menyesuaikan kebutuhan pembaca melalui penyediaan buku bacaan. “Kita akan usulkan penambahan buku, namun akan lebih banyak buku pedoman yang dibutuhkan petani, peternak atau pelaku usaha,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here