55 Lansia Terima 200 ribu per bulan

615
Sarida Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU – 55 warga lanjut usia (lansia) yang masuk dalam Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) akan menerima bantuan berupa uang tunai senilai Rp200 ribu. Bantuan tersebut diterima setiap bulan selama empat kali.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Sarida Mokoginta, mengatakan pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kenutuhan dasar hidup layak bagi para lansia. “Ini program pemerintah pusat yang diturunkan ke provinsi kemudian dilanjutkan ke setiap daerah,” katanya.

Ia mengungkapkan, dalam penyalurannya nanti akan ada lima petugas yang mendampingi setiap lansia. Satu pendamping akan mendampingi lima orang lansia. “Tenaga pendamping itu sudah kita rekrut. Mereka yang akan memverifikasi hingga mendampingi setiap lansia. Satu orang pendamping mengcover lima lansia,” ungkapnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi, Chandra Wahid, menjelaskan data lansia yang masuk dari tiap desa dan kelurahan sebanyak 303 orang. Jumlah tersebut katanya tak bisa terakomodir secara keseluruhan, sebab jumlah kuota untuk tahun ini sangat terbatas. “Kita akan verifikasi lagi data yang masuk itu. Yang akan menerima bantuan tentu yang memenuhi kriteria, seperti berusia di atas 60 tahun, kurang mampu, tidak berdaya, mengalami keterlantaran atau tidak ada yang mengurus, serta tidak memiliki usaha,” jelasnya.

Ditambahkannya, pada 2017 lalu sudah ada lansia yang menerima bantuan ASLUT. Jumlah penerima dan nominal yang diterima sama seperti tahun ini. “Yang menerima tahun lalu sudah ada yang meninggal. Itu akan kita kroschek lagi dan akan diganti dengan yang baru,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here