Dinas Kominfo Respon Keluhan Aleg Soal Internet Lemot

549
Kunjungan kerja Komisi I ke Kantor Dinas Kominfo, kemarin.

ZONA KOTAMOBAGU — Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi I DPRD Kotamobagu ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Selasa (15/10) kemarin, selain agenda silaturahmi dengan mitra kerja, juga meminta penambahan kapasitas jaringan internet di gedung Paloko Kinalang guna menunjang kerja-kerja para anggota legislatif.

”Kuota yang diberikan 20 Mbps, tapi lalod terus. Kalau bisa ditambah, atau untuk dewan dibuatkan user masing-masing agar bisa terkoneksi otomatis,” kata Ketua Komisi I, Agus Suprijhanta.

Personil Komisi I lainnya, Anugerah Beggie Chandra Gobel, mengaku jaringan internet menjadi salah satu kebutuhan anggota DPRD terutama dalam menunjang kerja-kerja mereka. “Pernah dalam satu kesempatan kita membahas Ranperda, kemudian membutuhkan rujukan Perda tapi terkendala saat ingin mengakses internet. Jaringan internet ini memang dibutuhkan untuk menunjang kerja-kerja kita,” ujar Beggie.

Kepala Dinas Kominfo Ahmad Yani Umar, langsung merespon permintaan para wakil rakyat tersebut. Menurutnya, permintaan itu bisa dilakukan, tapi harus mendaftarkan nomor telepon untuk nantinya dibuatkan user masing-masing para anggota legislatif.

“Untuk kapasitas jaringan di Kantor DPRD Kotamobagu ada 20 Mbps. Dan untuk para anggota DPRD akan kita buat user sendiri dengan mendaftarkan nomor telepon,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ketersediaan internet di data center Kotamobagu masih terbatas. “Saat ini baru 300 Mbps kapasitas internet kita dan terbagi ke 42 OPD. Dan sangat penting yang tidak bisa hilang jaringan internet, yang pertama data center, e-planning Bappeda, Simda Keuangan, e-tax PBB, LPSE, Capil dan PMPTSP, sebab itu pelayanan publik,” terangnya.

Lanjutnya, dengan keterbatasan kapasitas jaringan internet tersebut, solusi yang akan dilakukan pihaknya hanya bisa dengan membuatkan user masing-masing para anggota.

“Ketika mereka akan memberikan nomor telepon, kita akan buatkan user sendiri. Jadi tindaklanjut dari permintaan ini, jika para anggota DPRD memberikan nomor telepon, kita langsung buat user sendiri,” pungkasnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here