Wali Kota Evaluasi Capaian Realisasi Anggaran Disdik dan Disdagkop-UKM

320
Wali Kota Tatong Bara didampingi Sekda Sande Dodo menggelar pertemuan dengan jajaran Dinas Pendidikan Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU— Wali Kota Tatong Bara, Selasa (10/8), kembali melanjutkan agenda kunjungan kerja ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Kotamobagu. Kali ini, Wali Kota mengunjungi Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) Kotamobagu

Usai kunjungan di dua instansi tersebut, Wali Kota mengatakan, tujuan kunker ini dalam rangka melakukan evaluasi terhadap capaian realisasi anggaran perangkat daerah, termasuk kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program kegiatan.

“Ini penting dilakukan untuk melihat sejauh mana capaian masing-masing perangkat daerah khususnya dalam mendukung pencapaian indikator sasaran dalam RPJMD Kota Kotamobagu yang saat ini sudah masuk tahun ketiga. Apa yang belum tercapai, atau progress capaiannya masih di bawah target harus diakomodir kembali dan diarahkan untuk bisa mencapai indikator sasaran yang ada. Makanya selain melihat capaian realisasi anggaran yang sedang berjalan saat ini, perangkat daerah juga diminta untuk mempersiapkan formula anggaran yang tepat dalam APBD perubahan, kemudian proyeksi anggaran serta pencapaian indikator sasarannya pada APBD tahun anggaran 2022,” ujar Tatong.

Lanjut Wali Kota, Pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini terjadi banyak perubahan regulasi dari pemerintah pusat yang harus disesuaikan kembali oleh pemerintah daerah.

“Ini juga menjadi poin penting untuk disesuaikan dalam program kegiatan perangkat daerah. Kita harus punya kesamaan persepsi dalam pencapaian target dan indikator ini, dan saya turun langsung berkunjung ke perangkat daerah untuk mengidentifikasi ini secara lebih dekat lagi,” ujarnya.

Kepala Disdik Kotamobagu, Rukmi Simbala, menambahkan, bahwa kunjungan wali kota di Diknas terkait dengan program kegiatan tahun 2021 kemudian perencanaan program tahun 2022.

“Dihadapan ibu wali kota tadi kami paparkan, untuk anggaran diknas tahun 2021serapannya sudah mencapai 47 persen. Kemudian persoalan yang dihadapi di Diknas terkait pelayanan menyentuh masyarakat sesuai visi misi wali kota dan wakil walikota,” tandasnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here