Pembangunan Fasilitas Pendidikan di Boltim Terus Dipacu

386
Tampak proyek fisik pembangunan fasilitas pendidikan di SDN 1 Iyok, Nuangan.

ZONA BOLTIM – Salah satu program prioritas Bupati Sam Sachrul Mamonto dan Wakil Bupati Oskar Manoppo adalah Peningkatan Pendidikan untuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Untuk mewujudkan program kerja tersebut, Pemkab Boltim saat ini terus memacu pembangunan fisik diantaranya, pembangunan gedung sekolah serta sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Diketahui Pemkab Boltim telah melelang beberapa proyek fisik untuk pembangunan yakni, rehab berat dan ringan yang sekarang sudah dalam tahap pengerjaan. Diantaranya; pembuatan bangunan Sekolah, ruangan UKS, ruangan guru, pembuatan jalan, dan pembangunan lainnya yang tersebar di 7 Kecamatan.

Salah satu pembangunan yang saat ini tengah dikerjakan yakni, di Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Iyok, Kecamatan Nuangan dengan pembuatan Rungan UKS dan prabotnya, juga pembuatan Ruangan Guru dan rehab bangunan bilik kelas.

“Ada beberapa sekolah yang di rehab ringan-sedang dan ada juga pembuatan ruangan baru. Seperti di SDN 1 Iyok pembuatan ruangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah merupakan sarana belajar mengajar untuk meningkatkan kemampuan dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat pada usia anak sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Boltim, Yusri Damopolii.

Menurutnya, program UKS yang tersebut mencakup pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan. “Dan Sekolah ini juga belum ada ruangan guru makanya dibuat ruangan guru, juga penyediaan prabot dan rehab ringan-sedang bilik kelas,” jelasnya.

Sementara itu, Ending Pondabo yang mengawasi proyek pembangunan di SDN 1 Iyok, mengatakan bahwa sudah 15 persen pembangunan sedang berjalan.

“Pekerjaannya sudah berlangsung, kami harap selama 120 hari kerja tidak ada halangan dan bangunannya sudah selesai dan bisa digunakan. Masyarakat juga sama-sama mengawasi jalannya proyek,” kata Ending, Selasa (24/8).

Dikatakannya, paket pengerjaan ini dari satuan kerja Dikbud Boltim diantaranya, proyek pembuatan ruang UKS beserta prabotnya. “Alokasi sumber dana dari APBD/DAK fisik bidang pendidikan dengan nilai Rp95.238.235.41 selama 120 hari kerja,” jelas Ending.

Kedua lanjut Ending, pembuatan Ruangan Guru dengan total anggaran sebesar Rp239.373.809.74 bersumber dari DAK. “Dan ketiga rehab bilik kelas dan penyediaan prabot dengan total anggaran kurang lebih 400 juta lebih dari Dana Alokasi Khusus, dikerjakan selama 120 hari,” pungkasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here