Inovasi Gula Semut UP2K Desa Moyag Dapat Nilai Baik dari TP-PKK Provinsi

283
Ketua Pokja II TP-PKK Provinsi Sulut melakukan penilaian terhadap inovasi UP2K Moyag dengan olahan air nira menjadi gula semut.

ZONA KOTAMOBAGU – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melakukan kunjungan sekaligus melakukan penilaian terhadap Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Senin (18/10).

Kunjungan sekaligus penilaian UP2K tingkat Kota Kotamobagu yang dipimpin langsung Ketua Pokja II Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut, Dr Ir Mareyke Moningka beserta rombongan, diterima Ketua Tim Penggerak PKK Desa Moyag, Masni Mamonto SE beserta kader didampingi Kepala Desa Moyag, Drs Rusmin Mamonto beserta perangkat desa.

Setiba di lokasi penilaian, Ketua Pokja II TP-PKK Sulut beserta rombongan dijemput dengan tarian tuitan (tarian penjemputan), kemudian disambut dengan bahasa adat Mongondow yakni itum-itum (doa untuk tamu) oleh tetua adat Desa Moyag.

Usai kegiatan, Ketua TP-PKK Desa Moyag, Masni Mamonto mengatakan, adapun yang dinilai TP-PKK provinsi yakni, pembuatan minuman Boba (minuman kekininan) dengan menggunakan gula semut hasil inovasi kelompok UP2K Desa Moyag. “Dalam penilaian tadi, tim Pokja II provinsi melihat langsung cara pengolahan air nira menjadi gula semut. Dari air nira yang kita sediakan sebanyak 15 liter, bisa menghasilkan 5 sampai 6 kilogram gula semut. Kemudian tim juga memberikan nilai dari hasil pembuatan minuman boba dengan menggunakan gula semut. Alhamdulillah inovasi UP2K desa Moyag mendapat nilai yang baik dari ketua pokja II provinsi,” ungkap Masni.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga melaporkan kegiatan-kegiatan TP-PKK Desa Moyag yang salah satunya telah mendirikan fasilitas pendidikan yakni sarana PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). “Dan alhamdulillah kita sudah melakukan empat kali penamatan,” terangnya.

Terinformasi, kelompok UP2K yang menjadi juara tingkat Kota Kotamobagu akan mewakili Kota Kotamobagu ke tingkat Provinsi Sulawesi Utara. (Advertorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here