16 Pengrajin Meubel di Kotamobagu Miliki Sertifikat Pelatihan

223

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kotamobagu, sukses menuntaskan kegiatan Pelatihan Pembuatan Meubel bagi 16 orang pengrajin yang ada di Kotamobagu. Dalam pelatihan ini, Disperinaker menggandeng Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai pelatihan Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Utara.

Usai pelatihan, 16 pengrajin langsung mendapat seritifikat untuk menjalankan tugas dan usaha mereka sebagai pembuat meubel di Kota Kotamobagu.

Kepala Disperinaker Imran Golonda melalui Kepala Bidang Perindustrian dan Tenaga Kerja, Aditya Manoppo mengatakan, bawah 16 orang pengrajin meubel yang telah mengantongi sertifikat. “Mereka para pengrajin ini telah tuntaskan pelatihan pembuatan meubel dan berhak mendapatkan seritifikat dari pelatihan tersebut,” ungkap Aditya Manoppo.

Lanjutnya, proses pelatihan kepada para pengrajin meubel tersebut digelar lebih dari sebulan. “Pelatihan ini dimulai sejak tanggal 1 Oktober 2021 dan berakhir pada 22 November 2021 kemarin. Dimana, berbagai materi telah diberikan kepada mereka, hingga pada prakteknya,” tambahnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut, kualitas pembuatan meubel di Kotamobagu diharapkan akan lebih meningkat, sehingga bisa memperluas pasaran meubel di Sulut bahkan sampai ke pasar nasional. “Kami yakin dengan adanya pelatihan ini, serta pengrajin yang telah bersertifikat, maka meubel yang ada di Kotamobagu tidak lagi diragukan kwalitasnya,” tuturnya.

Sekadar informasi, proses pelatihan yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kotamobagu kepada belasan pengrajin mebel tersebut, digelar dengan sangat ketat dan teliti, dimulai dari pemberian teori, pengenalan alat, sampai dengan praktek yang dilakukan oleh para pengrajin tersebut, dengan mendapatkan pengawasan dari tim yang berasal dari UPTD balai pelatihan tenaga kerja Provinsi Sulut. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here