Sangadi Wajib Dampingi Operator Selama Pelatihan Pembuatan Profil Desa

203
Hendra Tangel.

ZONA BOLTIM – Seluruh operator desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan dibekali pelatihan pembuatan profil desa.

Hal ini dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Boltim, Hendra Tangel SH, baru-baru ini.

“Iya seluruh operator desa nantinya akan menerima materi dari para instruktur yang sudah berkompeten dari Dinas PMD,” kata Hendra.

Lanjut Hendra, adapun pelatihan itu sendiri akan dibagi dalam 3 tahap, dengan maksud agar seluruh materi yang disampaikan instruktur dapat diikuti dan diserap sepenuhnya oleh para peserta.

“Dimulai tanggal 15 Februari untuk operator desa di Kecamatan Modayag, Modayag Barat dan Mooat. Dilanjutkan tanggal 16 Februari untuk Kecamatan Motongkad dan Nuangan. Sementara tanggal 17 Februari giliran Kecamatan Tutuyan dan Kotabunan,” sebutnya.

Mengingat pentingnya kegiatan, Hendra pun meminta kepada peserta agar menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan dalam pelatihan nanti.

“Saat pelatihan operator harus membawa data penduduk by name by address, data potensi desa, data tingkat perkembangan desa dan laptop pastinya,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan dalam pelatihan operator ini, harus didampingi masing-masing Sangadi (Kepala desa, red) beserta Sekretaris desa.

Hendra berharap, pelatihan dengan menghadirkan instruktur dari Dinas PMD Boltim ini sendiri bisa terlaksana dengan baik.

“Insya Allah semua operator desa bisa cepat mengerti, namun jika ada desa yang terendah presentasi penginputan akan kembali dilatih namun yang melatihnya dari Dinas PMD Provinsi,” pungkasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here