Sekdes dan Operator Desa se-Boltim Ikuti Kegiatan Pemutakhiran Data IDM dan Data SDGs

368
Suasana pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan data Sustainable Development Goals (SDGs) yang diikuti Sekdes dan operator desa se-Boltim.

ZONA BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar kegiatan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan data Sustainable Development Goals (SDGs), Kamis (21/4).

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari mulai 21-22 April 2022, di Hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut yakni para Operator Desa/SDGs didampingi Sekretaris Desa se-Kabupaten Boltim.

Kepala Dinas PMD Boltim, Hendra Tangel, menyampaikan, bahwa pengisian data IDM dan SDGs harusnya dilaksanakan di masing-masing desa, namun untuk efisiensi waktu sehingga dilaksanakan dalam satu tempat.

Pada intinya lanjut Hendra, untuk membangun desa agar lebih maju dan berkembang yakni melalui pemutakhiran data yang nantinya akan digunakan sebagai parameter penentuan dana desa tahun selanjutnya serta untuk memperbaiki data profil desa.

“Pemutakhiran data IDM dan SDGs sangat penting dilakukan. Sebab, data yang akan diisi oleh operator masing-masing desa juga menentukan klasifikasi desa itu sendiri. Baik menjadi desa mandiri, desa maju atau tetap pada desa berkembang atau bisa jadi turun ke desa tertinggal atau desa sangat tertinggal,” tandasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here