Penanggulangan Bencana dan Penanganan Sosial Bagi Siswa SD-SMP di Boltim, Tiga Instansi Teken MoU

420

ZONA BOLTIM – Tiga instansi di lingkup Pemkab Boltim yakni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka penanggulangan bencana dan penanganan sosial bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Boltim.

Penandatangan MoU itu dilakukan oleh tiga Kepala Dinas tersebut dan disaksikan langung Sekretaris Daerah (Sekda) Sony Warokah Asisten II Mr Alung, Asisten III Rusmin Mokoagow dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Boltim Sjukri Tawil. Bertempat di Ruangan Sekda Boltim, Kamis (9/6) kemarin.

Sekda Boltim Sonny Warokka mengatakan, penandatanganan MoU ini bertujuan mencegah kepanikan.

“Penandatanganan MoU dengan ketiga Instansi Pemkab Boltim itu bertujuan untuk mencegah kepanikan siswa ketika ada bencana,” kata Warokka.

Disisi lain, Kepala Disdikbud Boltim, Yusri Damopolii menjelaskan, MoU tersebut adalah upaya pemerintah dalam menyikapi kondisi di Boltim yang rawan bencana.

“Boltim adalah daerah yang selalu waspada bencana. Berdasarkan fakta terakhir ini, ada beberapa kali terjadi bencana diantaranya banjir, kebakaran rumah, gempa bumi ataupun tanah longsor,” ungkap Yusri.

Lanjut Yusri, dalam mitigasi bencana dimana yang menjadi prioritas adalah anak-anak dan para lansia. Artinya, ketika bencana menjadi prioritas di evakuasi adalah ank-anak dan lansia.

“Upaya ini kita lakukan agar anak-anak atau siswa dan lansia ketika ada bencana tidak terfokus pada kepanikan, justru mampu mengambil sikap yang tepat dalam penyelamatan,” ujarnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here