Tim Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan Lakukan Penilaian di Moyag Todulan

374

ZONA KOTAMOBAGU – Tim penilai evaluasi perkembangan desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) turun melakukan penilaian di Desa Moyag Todulan, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kamis (9/6) kemarin.

Kedatangan tim penilai dari provinsi dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulut, Dr Jemy Kumendong beserta Sekretaris Dinas PMD, disambut langsung oleh Penjabat Sangadi Moyag Todulan, Kori Manoppo dan Sekretaris Desa Refly Setiawan Mamonto beserta perangkat desa setempat.

Dari pihak Pemkot Kotamobagu yang turut mendampingi tim penilai dalam kegiatan tersebut yakni, asisten I Teddy Makalalag dan Kepala Dinas PMD Kota Kotamobagu, Nasli Paputungan.

Adapun tema yang diusung dalam lomba desa/kelurahan tahun 2022 ini yakni, “Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh”.

Penjabat Sangadi Moyag Todulan, Kori Manoppo mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan lomba desa ini untuk mendorong kompetisi positif dan sportif bagi pemerintah desa serta meningkatkan motivasi bagi desa untuk menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Inti dari penilaian lomba desa ini untuk mengevaluasi dan menilai pemerintah desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan,” ujarnya.

Selain itu juga lanjut Kori, untuk mengetahui capaian desa selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa.

“Kemudian sebaga sarana apresiasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah berupa penghargaan kepada pemerintah desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan desa,” jelasnya.

Selain beberapa indikator tersebut, inovasi yang dilahirkan oleh desa juga menjadi salah satu poin pada penilaian dalam lomba desa tahun 2022.

“Semoga inovasi yang diciptakan oleh Pemerintah Desa Moyag Todulan bisa menjadi nilai tambah untuk bersaing dengan desa lain,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Jemy Kumendong menyampaikan, bahwa penilaian evaluasi perkembangan desa ini merupakan momentum untuk melihat sejauh mana progres pelaksanaan pembangunan di desa Moyag Todulan.

“Lomba desa ini bukan hanya sekedar mencari siapa yang terbaik akan tetapi yang paling utama adalah kita melihat proses-proses kegiatan yang dilaksanakan termasuk bagaimana potensi yang ada di desa itu bisa memberikan kontribusi pendapatan asli desa serta inovasi yang dilahirkan,” tuturnya.

Dirinya juga berharap, melalui lomba desa ini kolaborasi antara pemerintah setempat dengan masyarakat semakin baik khususnya dalam pelaksanaan pembangunan di desa, serta masyarakat aktif memberikan masukan kepada Pemerintah Desa terutama dalam kegiatan yang sesuai dengan indikator dalam Permendagri nomor 81 tahun 2015.

Terinformasi, Desa Moyag Todulan menjadi juara 1 lomba desa tingkat Kota Kotamobagu berdasarkan penilaian dari kecamatan. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here