Dinas P3A Gelar Sosialisasi di MTs Negeri 1 Kotamobagu

259

ZONA KOTAMOBAGU– Dinas Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kotamobagu menggelar sosialisasi di MTs Negeri 1 Kotamobagu, Selasa (21/6).

Adapun materi sosialisasi seputar pencegahan kekerasan terhadap anak, perkawinan anak, bahaya merokok dan penggunaan obat-obatan terlarang NAPZA (Narkotika, Psikotropica dan Zat Adiktiv lainnya).

Kegiatan dibuka langsung Kepala Sekolah MTs N 1 Kotamobagu Idang Simbala dan diikuti sekitar 400 siswa/siswi sekolah setempat.

Kepala DP3A Kota Kotamobagu Virginia Olii, mengatakan bahwa selain unsur DP3A pemateri dalam sosialisasi ini, juga menghadirkan narasumber dari Forum Anak Daerah (FAD) Kota Kotamobagu.

“Tujuannya tidak lain untuk memberi pemahaman kepada pelajar tentang hak-hak anak, serta dampak dan akibat yang akan terjadi jika melakukan kekerasan terhadap anak, perkawinan anak, bahaya merokok dan bahaya akibat penggunaan NAPZA,” ujar Virginia.

Dirinya berharap lewat kegiatan sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi tentang materi yang diberikan, serta bisa mencegah secara dini terjadinya kasus kekerasan anak, pelecehan seksual hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini para pelajar dapat mengetahui bagaimana hak-hak anak. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mencegah secara dini kasus kekerasan di sekolah, terjadinya perkawinan anak dan mencegah anak terlibat dalam penggunaan obat-obatan terlarang dan bahaya merokok,” harapnya.

Di sisi lain, Virgina jiga mengimbau kepada guru – guru untuk lebih meningkatkan kontrol terhadap siswa/siswinya selama melaksanakan aktivitas di lingkungan sekolah.

“Dan tak lupa, peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus ke dalam tindakan-tindakan yang bisa merugikan diri mereka sendiri,” pungkasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here