Kabag SDM AKP Donald Ngalimin Buka Pelatihan Fungsi Teknis Satlantas Hadapi Rangkaian Pemilu 2024

123

ZONA KOTAMOBAGU – Dalam rangka persiapan menyambut rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Senin (14/08/2023), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kotamobagu, menggelar pelatihan fungsi teknis untuk meningkatkan kesiapan dan efektivitas anggota dalam menjaga kelancaran lalu lintas serta mengamankan proses pemilu yang akan datang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula kantor Satlantas tersebut dibuka Kapolres Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, yang diwakili Kabag SDM, AKP Donald Ngalimin SE.

Dalam sambutannya, AKP Donald Ngalimin mengatakan bahwa target utama dalam pelatihan ini, menyoroti pentingnya peran anggota Satuan Lalu Lintas dalam memastikan pengamanan yang optimal selama proses pemilihan.

Dalam sesi pelatihan tersebut, Kabag SDM menggarisbawahi perlunya koordinasi yang solid antara petugas lalu lintas dan instansi terkait, seperti kepolisian dan komisi pemilihan umum, guna menjaga kelancaran transportasi dan mengantisipasi potensi gangguan selama masa kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara.

Selain itu, mantan KBO Satlantas Polres Kotamobagu dan Kasie Humas Polres Minsel ini juga memberikan wawasan mengenai taktik dan teknik pengaturan lalu lintas yang efisien pada titik-titik keramaian, serta penanganan situasi darurat yang mungkin timbul selama periode pemilu.

Pelatihan tersebut diikuti oleh para anggota Satuan Lalu Lintas, termasuk petugas yang akan bertanggung jawab dalam pengamanan sepanjang jalan arteri penting, lokasi pemungutan suara, dan tempat-tempat strategis lainnya.

“Mereka diberikan simulasi situasi nyata untuk mengasah respons cepat dan penanganan taktis yang efektif,” kata Kabag SDM, AKP Donald Ngalimin.

Terpisah Kasat Lantas Polres Kotamobagu, AKP Sherly Mangelep SH MH, mengatakan dilaksanakannya pelatihan ini karena Satuan Lalu Lintas memiliki peran vital dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pemilihan.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memastikan bahwa petugas kami siap menghadapi berbagai tantangan dan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam suksesnya Pemilihan Umum 2024,” ujarnya.

Dengan pelatihan ini, diharapkan Satuan Lalu Lintas akan mampu memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelancaran lalu lintas serta menciptakan lingkungan yang aman dan tertib selama proses Pemilihan Umum 2024. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here