Perjuangkan Nasib UDK, Tatong Minta Bantuan Tim Wantanas

717
Walikota Tatong Bara saat menerima kunjungan Tim Setjen Wantanas

ZONA KOTAMOBAGU – Peningkatan status Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) dari yayasan ke perguruan tinggi negeri menjadi salah satu fokus Pemerintah Kota (Pemkot). Setelah membentuk Yayasan Pendidikan Kotamobagu sebagai yayasan baru yang akan mengurus pengelolaan satu-satunya universitas di Bolmong Raya itu, Pemkot juga telah mengusulkan penambahan program studi ke koordinator kopertis dan tim evaluator untuk ditindaklanjuti ke Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenriset dan Dikti). Terkini, Pemkot juga mengusulkan kepada tim Sekertariat Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) untuk ikut memperjuangkan pengalihan status universitas tersebut. Pada tatap muka dengan Tim Wantanas di aula rumah dinas walikota, Rabu (4/10), Walikota Tatong Bara membeber kondisi UDK saat ini.

“Perguruan tinggi negeri adalah salah satu yang kami butuhkan. Sekarang pemerintah kota sedang memperjuangkan pengalihan status UDK dari yayasan menjadi perguruan tinggi negeri. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kajian yang komprehensif dari Tim Wantanas,” kata Tatong.

Tatong mengungkapkan, ada sekira 5000-an putra-putri Kotamobagu yang menuntaskan pendidikan tingkat menengah setiap tahun. Dari jumlah itu, rata-rata memilih melanjutkan pendidikan ke luar daerah seperti Makasar, Jogjakarta, Gorontalo, Manado dan daerah lainnya. “Ketika ada perguruan tinggi negeri di sini, maka putra-putri daerah tentu tak perlu jauh-jauh lagi kuliah,” ungkap Tatong.

Apa yang disampaikan walikota tersebut langsung mendapat respon dari Tim Wantanas. Salah satu anggota tim, Kolonel Octav Siagian, meminta pihak Pemkot untuk segera membuat naskah akademik dan diserahkan untuk ditindaklanjuti ke Kemenristekdikti. “Nanti naskah akademik itu berikan ke saya, kemudian saya yang akan menindaklanjutinya ke kementrian terkait,” ujar putra Kotamobagu itu. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here