Dandes Tahap II Masuk RKUD

633
Hamdan Monigi

ZONA KOTAMOBAGU – Dana desa (dandes) tahap II sebesar Rp6,06 miliar atau 40 persen dari total anggaran Rp15,1 miliar, akan segera dicairkan ke 15 desa penerima. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) tinggal menunggu transfer dana dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).

“Informasinya hari ini (kemarin, red) sudah akan ditransfer ke kas daerah. Nanti kita chek lagi, karena RC bank hari ini (kemarin) baru akan diserahkan besok (hari ini). Kalau sudah masuk desa sudah boleh menyiapkan pengajuan pencairannya, kemudian Senin (pekan depan) sudah mulai dicairkan,” kata Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Syarifudin Abas, kemarin.

Lanjutnya, setelah anggaran masuk ke kas daerah, pihaknya siap memproses pencairan ke rekening masing-masing desa. “Tinggal tergantung desa, kalau berkasnya lengkap akan langsung diproses. Kemudian harus melampirkan SPj penggunaan anggaran tahap I. Minimal realisasinya 70 persen sudah bisa dicairka,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Hamdan Monigi, mengimbau tiap desa untuk segera mengajukan dikumen pencairan dandes tahap II. “Desa yang sudah melengkapi administrasinya, akan langsung diproses pencairannya. Ini juga sudah kita sampaikan ke tiap desa saat pertemuan beberapa hari lalu,” imbaunya.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar para sangadi yang mengelola dandes diminta untuk memperhatikan penyerapan anggaran, sebab ada sanksi administratif yang akan diberikan bagi desa yang realisasinya tak maksimal. “Meski ada aturan soal sanksi pemotongan, tapi aturan harus tetap diperhatikan. Jangan mengejar angka (realisasi) kemudian bermasalah. Ini yang harus diperhatikan,” tambahnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here