Jalan Masuk Pabrik Gula Aren Dikerjakan Tahun Depan

696

ZONA KOTAMOBAGU — Peningkatan akses jalan menuju pabrik gula aren di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, akan diprioritaskan tahun depan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Sande Dodo.

Menurutnya, anggaran pengerjaan proyek tersebut akan diusulkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. “Anggarannya masih dihitung lagi, baru itu akan diusulkan di APBD tahun depan,” katanya.

Diungkapkannya, akses jalan yang akan ditingkatkan dimulai dari kompleks perkampungan warga hingga ke lokasi pabrik yang panjangnya berkisar 1.000 meter hingga 2.000 meter. “Jadi yang akan diaspal itu sampai ke pabrik,” ungkapnya.

Usulan pengaspalan jalan menuju pabrik gula aren itu pernah disampaikan Sangadi Moyag, Rusmin Mamonto, kepada Walikota Tatong Bara saat perayaan Halal bi Halal di Desa Moyag tahun lalu.

Menurut Rusmin, pengaspalan jalan tersebut sangat mendesak, karena selain menjadi akses petani juga di sekitar lokasi tersebut berdiri pabrik gula aren. Walikota yang mendengar aspirasi tersebut berjanji akan menindaklanjutinya dengan mengalokasikan anggaran melalui APBD.

“Gula aren adalah produk unggulan Desa Moyag. Ini akan terus kita kembangkan. Selain pabrik, infrastruktur penunjang lainnya seperti akses jalan masuk ke pabrik akan ditingkatkan,” ujar walikota. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here