Pemkot Upayakan Tambah Peserta Jamkesda

579

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) sedang berupaya menambah jumlah peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) bagi warga kurang mampu. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Haris Mongilong, usai pertemuan dengan jajaran Badan Peserta Jaminan Sosial (BPJS) Wilayah SulutGo-Maluku di rumah dinas walikota, Kamis (2/11).

Menurutnya, warga Kotamobagu yang ter-cover Jamkseda saat ini sebanyak 4.500 warga. Jumlah tersebut rencananya akan ditambah hingga berjumlah 10.000 pada tahun 2018 mendatang. “Iuran 4.500 peserta Jamkesda ini dibiayai APBD. Perorangnya Rp23 ribu per bulan,” katanya.

Dari jumlah penduduk Kota Kotamobagu sebanyak 126.403, baru sekira 74.579 atau 59 persen diantaranya yang sudah terdaftar sebagai peserta Jamkesda maupun JKN-KIS. Sisanya 51.824 yang belum terdaftar itu masih terus diupayakan. “Memang angka ini cukup banyak, nantinya kita akan mencari formulasi baru agar semua warga Kotamobagu bisa terdaftar sebagai peserta Jamkesda maupun JKN-KIS,” ujar Asisten I, Nasrun Gilalom.

Sementara itu, Walikota Tatong Bara, mengaku akan menindaklanjuti apa yang menjadi pembahasan bersama antara Pemkot dan pihak BPJS tersebut. “Permohonan maaf karena saya tak bisa mengikuti pertemuan dari awal dan tak bisa mendengarkan apa yang disampaikan pihak BPJS. Tapi saya pastikan SKPD saya yang hadir sudah bisa menyerap apa yang dibahas. Saya pastikan pembahasan akan ditindaklanjuti sesuai dengan harapan pihak BPJS,” sebut walikota, yang hadir dipenghujung acara. (ads/gito)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here