Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk Lewat Kampung KB

557
Aljufri Ngandu

ZONA KOTAMOBAGU – Menekan laju angka pertumbuhan penduduk, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) tetap menjadikan Kampung KB sebagai program prioritas Tahun 2018.

“Kampung KB merupakan program unggulan yang sudah berjalan sejak tahun lalu. Bertujuan dapat menekan angka kelahiran. Ini memang telah disesuaikan dengan Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” kata Kepala Dinas PP dan KB, Aldjufri Ngadu.

Menurutnya, dengan adanya pencanangan Kampung KB ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada dasarnya, desa atau kelurahan yang dicanangkan menjadi Kampung KB adalah wilayah yang dianggap terbelakang. “Semoga pencanangan ini bisa merubah dan meningkatkan, paling tidak setara dengan kelurahan lainnya pada 5 sampai 7 tahun ke depan,” ujar mantan Kabag Humas itu.

Ditambahkannya, selain Kampung KB ada juga program Tri Bina, pembinaan kepada UPPKS atau wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat yang sebagian besar anggotanya adalah peserta KB, keluarga pra-sejahtera dan keluarga sejahtera yang aktif berusaha secara kelompok. “Program-program itu dilaksanakan dalam rangka menekan laju angka pertumbuhan penduduk,” tambahnya.

Seperti diketahui, Kampung KB dicanangkan pada pada 2016 lalu di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat. Setelah pencangan itu, berbagai program dan kegiatan juga dilaksanakan untuk mensukseskannya. Pemkot juga berhasil mendapat penghargaan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) karena berkomitmen terhadap penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here