Wali Kota Tatong Bara Launching 2 Inovasi Gagasan Asisten II dan Kepala BPKD

568

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Tatong Bara, me-launching dua inovasi yakni Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Center dan Pusat Pengendalian Barang Persediaan (PusdalBaper) Kota Kotamobagu, bertempat di aula rumah dinas wali kota, Rabu (1/9).

Inovasi UMKM Center ini digagas oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sitty Rafika Bora. Kemudian untuk inovasi PusdalBaper merupakan gagasan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Pra Sugiarto Yunus.

Wali Kota dalam sambutannya berharap UMKM Center dapat memajukan semua UMKM yang ada di Kota Kotamobagu. “Diharapkan UMKM Center ini dapat mengorganisir seluruh UMKM, serta dapat mengukur tingkat pertumbuhan atau tingkat kemajuan UMKM yang ada di Kotamobagu. Terlebih bisa terakses pada pendanaan yang baik. UMKM Center ini dimaksud untuk bisa mengontrol dan menghimpun secara baik, memfasilitasi mana UMKM yang maju dan belum maju untuk kemudian kita dukung bersama,” ujar wali kota.

Tercatat, pada tahun 2019 terdapat 3.700 UMKM yang telah diberikan izin gratis oleh pemerintah daerah.

“Semoga ini menjadi informasi baik terutama kepada perbankan untuk bisa memberikan akses kepada UMKM di Kotamobagu. Semoga melalui ini, tidak ada lagi UMKM yang tidak maju di Kotamobagu, terutama tidak mendapatkan kepercayaan dari perbankan untuk memperoleh pendanaan,” katanya.

Selain UMKM, wali kota juga berharap pada inovasi PusdalBaper agar menjadi satu pusat pengendalian barang persediaan yang maju dan transparan.

“Diharapkan catatan dalam pengendalian barang persediaan kita akan terpusat pada satu pengendalian barang degan baik, transparan, dan terukur. Saya juga berharap ini dapat diimplementasikan dalam kegiatan kita di pemerintahan Kotamobagu,” harap wali kota.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Wakil Wali Nayodo Koerniawan, Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag, dan Sekretaris Daerah, Sande Dodo serta pimpinan perbankan dari Bank Citra Dumoga, Bank SulutGo cabang Kotamobagu, Bank Mandiri Taspen Manado, Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Kotamobagu, dan Bank Negara Indonesia (BNI) cabang Kotamobagu.

Usai kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung UMKM Center Kota Kotamobagu 2021 dan lembaga dukungan proyek perubahan PusdalBaper. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here