Resti, Satu JCH Batal Berangkat

577

ZONA KOTAMOBAGU – Satu dari 115 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Kotamobagu yakni, Muhammad Hadi, batal berangkat ke tanah suci. Pasalnya, yang bersangkutan tiba-tiba menderita sakit saat persiapan berangkat dari asrama haji Manado ke embarkasih Balikpapan.

“Benar, satu jamaah tidak bisa berangkat karena yang bersangkutan menderita sakit dan termasuk salah satu jamaah dengan resiko tinggi (resti),” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos), Adin Mantali.

Diungkapkannya, sebelum bertolak ke tanah suci, para jamaah khususnya yang resti masih akan melalui tes kesehatan di embarkasih Balikpapan. “Kalau memang dokter merekomendasikan bisa berangkat, berarti mereka akan bersama jamaah yang lain ke tanah suci, tapi kalau tidak mereka akan diberangkatkan tahun depan,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada acara pelepasan JCH Kota Kotamobagu di aula kantor walikota pekan lalu, Kepala Kemenag, Fathan Nooh, menyampaikan terdapat 26 JCH yang mengalami resti. Namun demikian, ia berharap semua JCH tersebut bisa diberangkatkan ke tanah suci. “Ada 26 yang resiko tinggi. Mudah-mudahan semuanya bisa berangkat,” ujarnya.

Walikota Tatong Bara pada kesempatan itu berharap semua JCH asal Kota Kotamobagu diberi kesehatan dan kekuatan mulai dari pemberangkatn hingga tiba di tanah suci melaksanakan semua rangkaian ibadah haji. “Ini adalah panggilan Allah. Semua harus siap secara jasmani dan rohani. Mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat mulai dari sini (Kotamobagu) sampai di tanah suci dan kembali lagi (pulang) dalam keadaan sehat dan selamat,” harap walikota. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here