Korsleting listrik, Rumah Warga Sampana Terbakar

625
Kondisi rumah saat terbakar.

ZONA KOTAMOBAGU – Kebakaran hebat terjadi di Kota Kotamobagu. Satu unit rumah milik Sifrid Pangemanan, warga Lingkungan IV Kelurahan Kotamobagu, Kecamatan Kotamobagu Barat, ludes dilalap di jago merah. Kejadian itu Kamis (28/12) sekira pukul 11.30 Wita. Tak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut penuturan warga sekitar, sumber api berasal dari lantai II rumah. Warga yang melihat kejadian itu langsung berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya. Namun tiupan angin ditambah konstruksi rumah yang terbuat dari kayu membuat api sulit dipadamkan dan dengan cepat melahap seisi rumah. Tak lama kemudian, empat unit armada pemadam kebakaran milik Dinas Satpol PP dan Damkar tiba di lokasi kejadian. Api baru berhasil dipadamkan sekira 30 menit kemudian dan beruntung tak sampai menjalar ke rumah warga sekitar.

“Tidak ada orang di dalam rumah. Pemiliknya itu baru berangkat ke Manado kemarin. Saat kejadian kami duduk di depan rumah, tiba-tiba ada asap keluar disertai api terlihat di lantai II. Kami langsung mencari air untuk menyelamatkannya. Barang-barang di dalam tidak dapat diselamatkan karena api terlalu besar,” kata Marcel, warga sekitar.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Dolly Dzulhadji, mengungkapkan kebakaran tersebut diakibatkan arus pendek listrik dari salah satu kamar yang berada di lantai II rumah tersebut. “Kita langsung turun ke lapangan saat mendapat laporan. Dan alhamdulillah api dengan cepat bisa dipadamkan. Untuk kerugiannya sekitar tiga ratus juta,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihaknya tetap menyiagakan personil pemadam kebakaran meski sedang libur dan cuti bersama. “Untuk personil pemadam kebakaran tetap siaga setiap saat. Tidak ada libur, tapi tetap dibagi shift,” ujarnya. (gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here