Rekam e-KTP, Akhir Februari Dukcapil Kembali Turun ke Desa dan Kelurahan

583
Virginia Olii
Virginia Olii

ZONA KOTAMOBAGU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) terus memaksimalkan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP). Strategi jemput bola dengan turun ke desa dan kelurahan akan kembali dilakukan. Hal itu dimaksudkan agar semua wajib KTP yang belum mengantongi kartu identitas tersebut bisa segera terekam.

“Tahun lalu kami turun ke 33 desa dan kelurahan melakukan perekaman. Tahun ini kita programkan lagi,” kata Kepala Dukcapil, Virginia Olii.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah menyurat ke semua sangadi (kepala desa, red) dan lurah untuk menyampaikan kepada warga bahwa akhir Februari akan dilakukan perekaman di tiap desa dan kelurahan.

“Kita harap ada kerja sama dari pemerintah desa dan kelurahan, terutama dalam menginformasikannya ke masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Adi Malah, menerangkan wajib KTP per 31 Januari 2018 sebanyak 90.949 jiwa. Dari jumlah itu, ada 7.846 yang belum melakukan perekaman.

“Yang belum merekam itu sudah termasuk warga yang baru genap 17 tahun. Untuk warga yang sudah merekam tapi belum mendapatkan e-KTP ada 3.190 jiwaa, tapi itu tiap hari berkurang karena warga selalu ada yang melakukan penukaran KTP,” terangnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here