Peringati WCD 2023, Wali Kota Tatong Bara dan Masyarakat Bersatu Bersih-bersih Sampah

123

ZONA KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, menghadiri dan turut serta dalam upaya menjaga kebersihan dan kesadaran lingkungan dengan berpartisipasi dalam peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) tahun 2023.

Kegiatan bersih-bersih dan pilah sampah ini ini berlangsung Sabtu, 16 September 2023, di Lapangan Torotakon, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tatong Bara menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua panitia yang telah menjalankan kegiatan yang sangat berarti ini. Ia mengakui peran penting para pemuda Kotamobagu dalam mendukung upaya ini.

“Mereka gigih dan terus menerus menggalang dukungan agar kegiatan hari ini dapat terlaksana, bagian dari kegiatan dunia tentang kebersihan dan tentu mereka sangat konsen, anak-anak muda yang kemudian mau dan terpanggil untuk melaksanakan kegiatan dunia ini di Kotamobagu,” ujar Wali Kota.

Tatong Bara juga menggarisbawahi betapa pentingnya mengatasi masalah sampah, khususnya sampah plastik yang dapat bertahan ratusan tahun dalam tanah.

Dirinya berharap bahwa upaya bersih-bersih sedunia ini akan terus menjadi tradisi di Kota Kotamobagu, yang sebelumnya telah mendapatkan penghargaan Adipura sebanyak sembilan kali.

“Tentu kegiatan ini akan terus kita gelorakan termasuk hari ini adalah hari bersih-bersih dunia, membangun komunitas global tentang kebersihan, bagaimana pengendalian sampah dan juga meningkatkan kesadaran kita semua agar sampah tidak akan menjadi problem lagi di Kotamobagu,” ucap Wali Kota.

Wali Kota mengapresiasi masyarakat Kotamobagu karena telah menjaga kebersihan di seluruh sudut wilayah kota dengan baik.

“Olehnya sekali lagi dalam kesempatan yang sangat baik ini saya menitipkan Kotamobagu. Mari kita jaga dengan sebaik-baiknya, terutama kesadaran kita bersama dalam menjaga kebersihan. Orang luar yang datang berkunjung ke Kotamobagu, pertama yang dikomentari adalah Kota ini bersih. Siapapun yang mencintai dan menyayangi Kotamobagu akan menjaga Kotamobagu agar terus menjadi kota yang sehat, nyaman serta menjadi kota yang layak untuk dikunjungi dengan slogan Lipu Modarit Lipu Mosehat,” ucap Wali Kota.

Kehadiran seluruh masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih sedunia ini bukan hanya sebagai tindakan simbolis, tetapi juga untuk membangun komitmen bersama dalam membangun komunitas global yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Mari kita tingkatkan kesadaran kita bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan. Dari sampah timbul berbagai penyakit, dari sampah timbul problem,” tambah Wali Kota Tatong Bara.

Kegiatan World Cleanup Day ini juga dihadiri oleh Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Topan Angker, S.Sos., Kapolres Kotamobagu AKBP. Dasveri Abdi, SIK., para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah beserta jajaran, para Camat, Lurah, Sangadi, Ketua Panitia Pelaksana Enji Larashati Mokodompit beserta seluruh jajaran panitia, serta masyarakat Kota Kotamobagu.

Dengan partisipasi yang kuat dari berbagai pihak, Pemerintah Kotamobagu terus berkomitmen untuk menjadikan Kotamobagu kota yang sehat, nyaman, dan berkelanjutan, menjunjung tinggi semangat “Lipu Modarit Lipu Mosehat” sebagai landasan untuk masa depan yang Tetap Bersih dan Lestari. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here