Gunakan Alat Buatan Jerman, 65 Personel Polres Kotamobagu Jalani Tes Narkoba

462
Kapolres Kotamobagu, AKBP Prasetya Sejati SIK menjalani tes Narkoba dengan metode Saliva Test.

ZONA HUKUM – Sebanyak 65 personel Polres Kotamobagu menjalani tes Narkoba secara random dan dilakukan mendadak. Tes narkoba kali ini menggunakan alat Drugwipe 6S dengan metode air liur (Saliva Test).

Hasil tes dengan alat buatan Jerman ini tergolong baru dan dinilai lebih akurat dibandingkan tes urine.

Tes Narkoba ini, selain diikuti oleh Kapolres Kotamobagu, juga dilakukan bagi personel yang ada di masing-masing Bagian hingga Satuan meliputi; Kabag, Kasat hingga Perwira, Bintara, dan PNS di lingkungan Polres Kotamobagu.

Mekanisme penggunaan alat test dengan Kit Test Drugwipe ini juga terbilang sangat mudah, yaitu hanya menjulurkan lidah kemudian petugas mengambil sampel air liur untuk diletakkan dalam alat pendeteksi Narkoba.

Adapun tim pelaksanaan tes dilakukan langsung oleh Kasat Narkoba, AKP Suyono Sutadji, SE bersama Team Urkes Polres Kotamobagu yang dipimpin Paur Kesehatan, Bripka Gede Putra Wijaya, Amd.Kep.

Kapolres Kotamobagu, AKBP Prasetya Sejati SIK, usai melaksanakan Saliva test menjelaskan, bahwa kegiatan tes tersebut dilaksanakan secara acak dan mendadak untuk memastikan ada atau tidaknya personel Polres Kotamobagu yang mengkonsumsi Narkoba.

“Kegiatan ini diikuti oleh personil dari masing-masing bagian hingga satuan dan dilakukan secara random dan mendadak dengan harapan agar anggota kami dapat terpantau apakah mengkonsumsi narkoba atau tidak”, tegas Kapolres.

Menurut Kapolres, kegiatan ini akan dilaksanakan secara kontinue hingga ke Polsek – Polsek Jajaran. Selain itu Kapolres juga berpesan kepada seluruh masyarakat agar menghindari dan menjauhi Narkoba karena bukan hanya merusak diri sendiri tapi juga keluarga.

Diketahui, dari hasil pemeriksaan secara acak dan mendadak tersebut, seluruh personel yang diperiksa dinyatakan negatif Narkoba. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here