Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Kepulauan Sangihe Jajaki Kerja Sama dengan BP2MI

767

ZONA MANADO – Kepala UPT Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado, Hendra Makalalag, menerima kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, bertempat di ruang kerjanya, Kamis (18/3).

Dalam Kunjungan kerja tersebut, Pemkab Sangihe mengutus Kepala Dinas Tenaga Kerja, Doktarius Pangandaheng dan Kepala Bagian Hukum, Timpuan Gaghana, dalam rangka menjajaki kerjasama penempatan PMI profesional ke Negara Jepang, guna meningkatkan kesejahteraan warga serta mengurangi tingkat pengangguran di daerahnya.

Kepala UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalag, sangat menyambut baik kunjungan Pemkab Kepulauan Sangihe dan antusias dalam memberikan penjelasan seputar penempatan PMI terampil ke Jepang pada rombongan yang datang.

“Saat ini program penempatan ke Jepang melalui program SSW dan G to G sedang diminati oleh putra daerah Sulut karena fasilitas gaji dan tunjangan yang ditawarkan sangat memggiurkan. Apabila kerjasama ini terwujud maka potensi remitansi yang akan masuk ke daerah khususnya kepulauan Sangihe sangatlah besar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan, bahwa jumlah remitansi yang berpotensi masuk ke pendapatan daerah melalui pekerja migran yang mengirimkan uang dari luar negeri, dapat membantu pembangunan daerah dan mengentaskan kemiskinan. “Apabila Sangihe berhasil menempatkan 1.500 PMI saja dengan asumsi setiap PMI mengirimkan Rp. 3 juta/bulan pada keluarganya di Sangihe, maka potensi pemasukan daerah bisa mencapai Rp 54 milyar/tahun,” terangnya.

Hendra juga menambahkan, kunjungan ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah daerah mulai menerapkan apa yang diamanatkan oleh UU nomor 18 tahun 2017. Dimana peran dari pemerintah daerah haruslah diperkuat dalam menempatkan calon pekerja migran. “Dalam UU nomor 18 tahun 2017 pasal 40 hingga pasal 42 sudah termaktub dengan jelas peran dari pemerintah daerah, yang seyogyanya dilaksanakan karena berkaitan dengan kesejahteraan warga daerahnya. Untuk itu saya sangat mengapresiasi kunjungan dari pemerintah kabupaten Kepulauan Sangihe ini,” tutupnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here