Berantas Penularan DBD, Dinkes Boltim Susun Langkah Pencegahan

194
Saifudin Gobel.

ZONA BOLTIM– Upaya memberantas penularan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini menjadi atensi penuh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Boltim.

Menurut Kepala Dinkes Boltim, Saifuddin Gobel, di Kabupaten Boltim sendiri saat ini tercatat ada 64 pasien penderita DBD.

“Untuk pasien DBD di Kecamatan Kotabunan ada 3 orang, Tutuyan 17 orang, Motongkad 2 orang, Nuangan 2 orang, Mooat 16 orang, Modayag 7 orang dan Modayag Barat 17 orang,” sebut Saifuddin.

Terkait hal ini lanjut Saifuddin, pihaknya tengah melakukan langkah-langkah pencegahan wabah penyakit DBD di wilayah kerjanya.

“Saat ini kami juga sedang menyusun surat instruksi yang akan diberikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa, serta akan fokus pada lintas sektor agar pada setiap Hari Jumat akan melakukan kerja bakti sekaligus melakukan pemberantasan sarang nyamuk,” bebernya.

Adapun pemberantasan sarang nyamuk tambahnya, dilakukan dengan menerapkan gerakan 3M, yakni menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air dan mengubur barang bekas yang berpotensi bisa menampung air.

“Olehnya kami mengimbau kepada masyarakat untuk menguras wadah air seperti bak mandi agar telur dan jentik nyamuk mati, menutup rapat semua wadah air agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur, serta mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat menampung air hujan, agar tidak menjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk,” tandasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here