Irup Hari Sumpah Pemuda ke-94, Bupati Boltim Bacakan Sambutan Menpora

176
Bupati Sam Sachrul Mamonto bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

ZONA BOLTIM– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, bertempat di halaman Kantor Bupati, Jumat (28/10/2022).

Bupati Sam Sachrul Mamonto bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan dihadiri unsur Forkopimda, Sekda Boltim, para Asisten, pimpinan OPD, sejumlah pimpinan organisasi pemuda, tokoh masyarakat serta ASN di lingkungan Pemkab Boltim.

Ketika membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Bupati Sachrul Mamonto menyampaikan bahwa momentum hari sumpah pemuda direnungi sebagai pelajaran, kisah teladan dan inspirasi penggerak menuju visi besar Republik Indonesia.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujarnya.

Lanjutnya, peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sesuai tema, peringatan sumpah pemuda, memiliki arti penting dalam membangun ketangguhan persatuan menjadi kekuatan untuk mendorong pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” pungkasnya. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here